Renungan Harian – Jumat, 03 Mei 2019

May 3, 2019
renungan harian katolik
3 Mei 2019
JUMAT (M –Merah-)
1 Korintus 15:1-8
Mazmur 19:2-3.4-5
Yohanes 14:6-14
(6) Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (7) Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” (8) Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” (9) Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. (10) Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. (11) Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. (12) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; (13) dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. (14) Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”
LAKUKANLAH PEKERJAAN TUHAN
Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya barang siapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan pekerjaan yang lebih besar dari pada itu.” — Yohanes 14:12
PEKERJAAN YESUS adalah mewartakan Kerajaan Allah, menawarkan pertobatan, melakukan mujizat, antara lain menyembuhkan orang buta, orang lumpuh, mengusir setan bahkan membangkitkan orang mati dan lain sebagainya. Pekerjaaan pekerjaan tersebut menunjukkan bahwa memang Yesus adalah utusan Bapa; Bapa yang menyerahkan pekerjaan tersebut kepada Dia.
Percayalah akan pekerjaan pekerjaan itu, supaya kita boleh mengetahui dan mengerti bahwa Bapa di dalam Dia, dan Dia di dalam Bapa.
Kita yang telah diangkat jadi anak anak Allah dan murid Tuhan Yesus, Yesus memberi Amanat Agung kepada kita, yakni mewartakan Kabar Baik atau evangelisasi: “Pergilah, dan jadikanlah semua bangsa murid-Ku, dan baptislah mereka dalamnama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu” (Mat28:18-20).
Untuk itu, marilah kita lakukan pekerjaan pekerjaan Tuhan, sesuai dengan kehendak-Nya, serta tetap percaya pada-Nya, karena Dia-lah Perantara kita, dan Dia adalahjalan, kebenaran dan hidup. (HW)
Doa: Bapa, tambahkanlahiman kami dan curahkanlah Roh-Mu kepada kami agar kami dimampukan melakukan Pekerjaan-pekerjaan yangEngkau berikan kepada kami.
Janji: “Oleh Injil kamu diselamatkan,asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan padamu- kecuali kamu telah sia-siasaja menjadi percaya” —- 1 Korintus 15:2
Pujian: Para Pastor melakukan berbagai pekerjaan yang TuhanYesus telah lakukan yakni mewartakan Kerajaan Allah, keselamatan dan ajakan untuk bertobat. Kami sangat menaruh hormat dan kagum dan kami percaya bahwa Roh Allah bekerja secara luar biasa dalam diri para Pastor.