Renungan Harian – Minggu, 04 Agustus 2019

August 6, 2019
renungan harian katolik
4 Agustus 2019 Minggu Biasa XVIII
MINGGU (Hijau)
Pengkotbah 1:2;2:21-23
Mazmur 90:3-4.5-6.12-13.14.17
Kolose 3:1-5.9-11
Lukas 12:13-21
(13) Seorang dari orang banyak itu berkata kepada Yesus: “Guru, katakanlah kepada saudaraku supaya ia berbagi warisan dengan aku.” (14) Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Saudara, siapakah yang telah mengangkat Aku menjadi hakim atau pengantara atas kamu?” (15) Kata-Nya lagi kepada mereka: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu.” (16) Kemudian Ia mengatakan kepada mereka suatu perumpamaan, kata-Nya: “Ada seorang kaya, tanahnya berlimpah-limpah hasilnya. (17) Ia bertanya dalam hatinya: Apakah yang harus aku perbuat, sebab aku tidak mempunyai tempat di mana aku dapat menyimpan hasil tanahku. (18) Lalu katanya: Inilah yang akan aku perbuat; aku akan merombak lumbung-lumbungku dan aku akan mendirikan yang lebih besar dan aku akan menyimpan di dalamnya segala gandum dan barang-barangku. (19) Sesudah itu aku akan berkata kepada jiwaku: Jiwaku, ada padamu banyak barang, tertimbun untuk bertahun-tahun lamanya; beristirahatlah, makanlah, minumlah dan bersenang-senanglah! (20) Tetapi firman Allah kepadanya: Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti? (21) Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah.”
KAYA MATERI ATAU ROHANI ?
ATAU DUA-DUANYA ?
KataNya lagi kepada mereka: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu.” — Lukas 12:15
KAYA DAN TERHORMAT, hari- hari ini sangat sering diagungkan karena merupakan simbol kesuksesan dalam hidup, keluarga, anak-anak, istri, kesehatan diabaikan demi mengejar kekayaan dan kehormatan.
Segala cara ditempuh untuk mencapai sejumlah nilai materi, sampai akhirnya ketika keluarga hancur, kesehatan terganggu, segala sesuatu yang diperjuangkan hanya kesia-siaan belaka kata Pengkhotbah.
Bahkan sabda Tuhan mengatakan: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu.” (Luk 12:15)
Tuhan tidak melarang sesorang berjuang hingga berhasil mencapai kesuksesan dan kekayaan, tetapi Tuhan mengajak umatNya untuk mempunyai kasih, kepedulian, dan menjadi berkat bagi keluarga serta sesama yang membutuhkan.
Pesan Injil Minggu cukup keras, “ Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah.” (Luk 12:21). (MG)
Doa: Tuhan Yesus, mampukan aku agar mempunyai kepedulian serta menjadi berkat bagi sesama dengan segala anugrah kelimpahan dari Mu
Janji: Memuliakan Tuhan dengan hidup dalam kasih kepedulian terhadap sesama —- Lukas 12:21
Pujian: St Yohanes Maria Vianney, Pengaku Iman, pelindung surgawi bagi para pastor paroki